Friday, May 31, 2013

Cara Membuat Nasi Sushi Enak Tanpa Beras Jepang

Nasi sushi atau biasa disebut shari atau sushi meshi, merupakan elemen terpenting dalam membuat sushi. Namun tidak semua jenis beras bisa digunakan untuk membuat nasi sushi. Salah satu syarat membuat nasi sushi yang benar adalah tingkat kelengketan dari jenis nasinya.
Karena itu jenis beras Jepang dengan bentuk biji beras yang bulat-bulat adalah yang paling sempurna untuk dibuat nasi sushi. Namun beras Jepang sangat sulit didapat di Indonesia. Kalaupun ada kemungkinan besar harganya sangat mahal. Untuk mengakalinya, Kita bisa memakai beras lokal jenis pulen dengan kualitas tinggi agar mendapatkan hasil nasi sushi yang serupa seperti memakai beras Jepang. Perlu diperhatikan juga tingkat kepulenan dan kelengketan nasi. Sekalipun memakai beras pulen kualitas tinggi kadang kala tingkat kelengketannya belum tercukupi untuk standar nasi sushi. Nah, agar sesuai standarnya Kita bisa mencampur beras pulen dengan beras ketan dimana perbandingannya 1 kg beras pulen : 100 gr beras ketan.




Selain jenis beras, hal penting yang juga wajib diperhatikan saat membuat nasi sushi adalah takaran bumbu yang tepat. Nasi sushi mempunyai rasa dan aroma yang khas saat dikonsumsi. Jadi dibutuhkan komposisi yang pas antara cuka, garam dan gula. Gunakan jenis cuka beras dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu pekat. Atau bisa diganti dengan jenis cuka apel. Disarankan tidak memakai jenis cuka lokal sebab tingkat keasamannya cukup tinggi. Berikut perbandingan takaran untuk membuat bumbu nasi sushi yang pas.

1. Beras, 200 gr : 300 gr : 400 gr

2. Air, 270 ml : 400 ml : 540 ml

3. Cuka, 20 ml : 30 ml : 40 ml

4. Gula, 1/2 sdm : 3/4 sdm : 1 sdm

5. Garam, 1/2 sdt : 3/4 sdt : 1 sdt


Bahan nasi dan bumbu sudah siap, selanjutnya langkah-langkah pembuatannya. Beras dan air yang sudah ditakar dimasak dalam sebuah panci bersama dengan lembaran Kombu. Kita bisa mendapatkan kombu di swalayan yang khusus menjual bahan-bahan makanan Jepang. Namun jika tidak ada pemakaian kombu bisa ditiadakan. Masak beras seperti biasa lalu setelah matang tuang nasi ke dalam wadah kayu yang biasa disebut hangiri. Sebetulnya pemakaian hangiri sangat penting sebab wadah berbahan kayu akan mempercepat proses peresapan bumbunya. Namun jika tidak ada bisa memakai wadah dari bahan lain.

Tuang larutan cuka, gula dan garam pada nasi lalu aduk rata sambil dikipas-kipas untuk menghilangkan uap panasnya. Sebaiknya menggunakan sendok kayu saat mengaduk nasinya. Setelah nasi benar-benar dingin, barulah siap digunakan untuk membuat sushi. Namun Kita juga bisa menjadikan nasi sushi untuk membuat onigiri. Sebab rasa nasi sushi yang gurih asam bisa diolah untuk resep selain sushi. Nah, bagaimana Kita mudah bukan membuat nasi sushi tanpa menggunakan beras Jepang. Jangan lupa dipraktekkan ya tips tadi, selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment