Saturday, April 13, 2013

Tips Memilih Modem GSM dan Cdma


Saat ini kebutuhan internet saat ini makin meningkat dan maka dari itu banyak orang menggunakan modem untuk bisa mengkoneksikan internet.
Apa itu modem?
modem adalah modem dial up untuk menghubungkan komputer kita ke internet. USB Modem dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jaringannya, yaitu GSM dan CDMA. USB modem menjadi pilihan para netter karena harganya yang terjangkau (biaya bulanannya juga terjangkau), portable atau bisa dibawa bepergian, dan terdapat banyak pilihan providernya sehingga bisa ganti provider.

Berikut ini tips dan trik memilih USB Modem


1.pilih kecepatan yang tinggi
biasanya modem memiliki spesifikasi yang berda-beda ada yang sampai up to 3Mbps ,itu brarti kecepatanya sampai 3Mbps , sekarang modem yang terbaru sampai lebih dari  20Mbps .

2.Harga
Kalau bisa carilah Modem dengan harga Murah tapi Bagus. disesuakian dengan budget anda .

3.Sinyal.
ini yang paling mempengaruhi kecepatan modem agan, sinyal di daerah agan. agar modem bisa maksimal, tes dulu sinyal di daerah agan. caranya bisa dengan tanya tetangga agan yang memakai modem, atau dengan meminjam modem teman.
perhatikan sinyal yang agan dapat, untuk GSM apakah GPRS,EDGE,3G,HSDPA, atau HSPA+. dan untuk CDMA apakah 1X,EVDO REV.0, EVDO REV.A, atau EVDO REV.B
secara umum, untuk GSM sinyal 3G ke atas sudah cukup bagus.. sedangkan untuk CDMA, paling tidak sinyalnya EVDO REV.A
setelah melihat sinyal yang nyangkut di modem agan, lihat juga berapa kekuatan sinyal.
untuk cdma kekuatan sinyal sangat mempengaruhi kecepatan, nambah sinyal 1 kecepatan bisa jadi 2 kali lipat.
untuk GSM, pengalaman saya jika sudah dapat sinyal minimal 3G untuk browsing dan download sudah cukup baik walau sinyal 1 biji.

3.OS/Operating System
Biasanya Di Dus Modem ada tulisannya Modem ini Cocok untuk OS apa begitu.jangan sampai anda beli modem yang tidak support. saya pernah mengalaminya ketika membeli modem os windows. padahal saya pake linux. alhasil harus ganti OS .

Sumber  : Pengalaman 

0 comments:

Post a Comment